DASAR PEMROGRAMAN
A. Pemrograma Dasar
Pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, testing, memperbaiki, dan memaintenace perintah-perintah sebuah program komputer. Sesuai dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :
⎈ Programmer menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
⎈ Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer akan melakukan rilis dan testing.
⎈ Lalu prgrammer akan mencari apakah ada kesalahan pada program yang sudah dirilis.
⎈ Jika ditemukan debug, programmer akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya.
⎈ Tahap selanjutnya programmer akan merilis program dengan versi yang lebih baru.
B. Konsep Dasar Pemrograman
1. Input merupakan proses memasukan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input.
2. Setelah data di inputkan maka akan diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan. 3. Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output.
Namun kini konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi
Oiginating > Input > Proses > Output > Distribution.
4. Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.
5. Sedangkan distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
Ada satu lagi komponen penting yaitu Storage.
6. Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.
C. Bahasa Pemrograman
Pemrograman merupakan suatu proses yang meliputi menulis, testing, memperbaiki, dan memaintenace perintah-perintah sebuah program komputer. Sesuai dengan pengertian diatas maka proses pemrograman yang akan dilalui yaitu :
⎈ Programmer menulis kode-kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu.
⎈ Setelah kode-kode selesai ditulis, programmer akan melakukan rilis dan testing.
⎈ Lalu prgrammer akan mencari apakah ada kesalahan pada program yang sudah dirilis.
⎈ Jika ditemukan debug, programmer akan mencari dimana letak kesalahan kemudian memperbaikinya.
⎈ Tahap selanjutnya programmer akan merilis program dengan versi yang lebih baru.
B. Konsep Dasar Pemrograman
1. Input merupakan proses memasukan data ke dalam komputer menggunakan perangkat input.
2. Setelah data di inputkan maka akan diproses menggunakan perangkat procesing yang biasanya terdiri dari : menghitung, membandingkan, mengurutkan, mengkelompokkan, dan mencari perangkat penyimpanan. 3. Data yang sudah diproses akan ditampilkan berupa informasi melalui perangkat output.
Namun kini konsep tersebut dikembangkan lagi menjadi
Oiginating > Input > Proses > Output > Distribution.
4. Originating yaitu pengumpulan data yang biasanya berupa pencatatan data sebelum proses input.
5. Sedangkan distribution adalah proses menyebarkan informasi kepada pihak-pihak tertentu.
Ada satu lagi komponen penting yaitu Storage.
6. Storage adalah tahapan yang merekam hasil pengolahan data. Dan nantinya digunakan untuk proses input selanjutnya.
Bahasa pemrograman digunakan untuk membuat sebuah program komputer yang terdiri dari
kumpulan kode-kode (sintaks) yang digunakan untuk mengerjakan proses tertentu
pada komputer.Bahasa pemrograman memiliki tugas
untuk menghubungkan pengguna dengan mesin komputer karena dia bisa
menerjemahkan perintah yang dimengerti oleh komputer. Kita klik save maka data
akan tersimpan. Kita klik play maka music akan diputar. itulah bagian dari
mengerjakan perintah pada bahasa pemrograman.
D. Kategori Bahasa
pemrograman
Berdasarkan tingkatannya
bahasa pemrograman komputer dibedakan menjadi 2 yaitu - Bahasa Tingkat Rendah : yaitu bahasa pemrograman yang hanya dimengerti oleh mesin. Bahasa ini dikerjakan langsung oleh mesin. Contohnya yaitu bahasa standar rakitan atau biasa kita kenal dengan assembler.
- Bahasa tingkat tinggi : Bahasa ini sudah mendekati bahasa manusia. Artinya pengguna sudah dapat memahami bahasa ini. Mesin membutuhkan compiler untuk mengerjakan perintah. PHP, java, C++, Pascal dan masih banyak lainnya merupakan contoh dari bahasa tingkat tinggi.
E. Jenis Bahasa
Pemrograman
Beberapa bahasa pemrograman
yang sering digunakan untuk belajar pemrograman dasar yaitu :
Java merupakan Salah satu bahasa pemrograman
yang paling popular. Dikarenakan bisa dijalankan disemua platform dan OS yang
berbeda-beda. Aplikasi android kebanyakan dikembangkan
menggunakan bahasa java. Walaupun google telah resmi mendukung c++ dan
baru-baru ini kotlin tetap saja java jadi primadona. Ini dikarenakan library
java cukup lengkap sehingga memudahkan programmer.
2. Pascal
Pascal memang tidak terkenal bahkan sampai sekarang
saya belum pernah melihat lowongan pekerjaan yang membutuhkan programmer
pascal. Pascal cukup bagus. Dikampus pascal masih banyak digunakan. Bukan
tanpa alasan. Melainkan karena jika ingin mempelajari algoritma dan pemrograman
dasar komputer pascal ini sangat cocok untuk dipelajari.
3. C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa
pemrograman ini adalah pengembangan dari bahasa pemrograman C. Bahkan memiliki
penulisan sintaks yang hampir mirip. Namun tetap sja keduanya memiliki
perbedaan untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam pemrograman komputer.
4. PHP
Php yaitu salah satu bahasa pemrograman berbasis
web dan cukup banyak penggunanya. Jika html dan css hanya berfokus pada tampilan
sebuah aplikasi web saja. maka php inilah yang menghidupkan fungsi-fungsi dari
tampilan yang sudah dibuat menggunakan html dan css. Memberikan perintah pada tombol, menginputkan
isian, dan lainnya itu bisa dikerjakan oleh bahasa pemrograman php.
F. Perancangan Program
Beberapa hal yang harus dilakukan
programmer untuk merancang program agar lebih terarah yaitu pembuatan algoritma
dan flowchart. Algoritma yaitu penjabaran langkah-langkah yang akan dikerjakan
oleh program komputer yang akan dirancang menggunakan bentuk kalimat-kalimat
sederhana. Komputer itu bagian dari matematika. Dan
matematika akan selalu berhubungan dengan logika. Algoritma itu langkah-langkah
yang sistematis dan logis. Algoritma disusun dalam bentuk kalimat.
Sedangkan flowchart disusun menggunakan blok-blok gambar (grafis).
G. Software Pendukung
Untuk membuat program aplikasi dekstop,
web, ataupun android kita membutuhkan software pendukung. Salah satunya adalah
IDE.
IDE ( Integrated Development
Environment ) merupakan software aplikasi biasanya berbasis GUI yang
digunakan sebagai tempat menuliskan setiap baris-baris kode bahasa pemrograman.
Di IDE ini juga kita bisa menjalankan (Running ) program aplikasi yang sudah
dibuat.
Hampir semua IDE kini sudah modern yang
memiliki beberapa feature :
- Editor Kode (Code Editor)
- Debugger
- Intelegent Code Completion
- Build Automation
Beberapa contoh IDE yaitu :
- Android Studio : merupakan IDE yang digunakan
untuk membuat aplikasi android. Android studio dilengkapi dengan code
editor, intelegent code completion, emulator android dan banyak lainnya.
- Atom, Visual Code, Sublime Text, Netbeans :
digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Dimana di IDE tersebut kita bisa
menulis atau mengedit HTML, CSS, PHP, javascript dan lain sebagainya.
- Xcode : merupakan IDE yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile untuk IOS.



Komentar
Posting Komentar